Navigation Menu+

Resep Kue Kering OKE

Posted on Sep 14, 2009 by in Resep | 11 comments

Lebaran kurang satu minggu lagi. Selain baju baru, yang pasti kita sudah sibuk menyiapkan kue-kue kering buat persiapan merayakan hari istimewa ini. Kalau ada waktu dan tenaga, lebih afdol bikin kue kering sendiri. Selain pasti sehat bagi tubuh karena kualitas bahan dan kebersihan terjamin, juga amat sangat menyehatkan kantong ha.. ha.. Bayangin aja  1 toples 500 gr dihargai 60 ribu. Kalo kita siapkan 3 toples berarti 180 ribu. Padahal dengan 150 ribu kita bisa mendapat lebih dari 9 toples kalau buat dengan resep kue kering sendiri.

Nah bagi yang pingin buat dari resep kue kering sendiri, ini aku share resep – resep kue kering yang kudapatkan lewat berbagai perburuan. Cuma ada 3 jenis, tetapi Insya Allah ke-3nya benar-benar OK.

Resep Kue Kering NASTAR KLASIK

Resep kue kering dari tetanggaku Mbak Wiwik. Mantap banget. Leleh dimulut tetapi tampilan kuenya tidak rapuh.

Bahan kulit :

  • wisman 150 gr
  • margarin 25 gr
  • terigu +/- 300 gr
  • kuning telur 2 butir
  • susu dancow 1 sachet
  • gula halus 50 gr

Cara membuat :

Kocok wisman, margarin dan gula sampai agak putih. Masukkkan kuning telur, kocok rata. Matikan mixer, masukkan susu dan tepung sedikit-sedikit diaduk pake spatula. Dibentuk bulat diisi selai nanas, dioles kuning telur. Oven api kecil sampai kuning kecoklatan.

Selai Nanas

Untuk satu resep diatas dibutuhkan 3 nanas sedang. Ambil nanas yang setelah diparut jumlahnya +/- 1kg. Gula pasir secukupnya, antara 100 s/d 300 gr, manisnya sesuai selera. Kayu manis. SAar-agar bubuk putih 1 sachet.

Cara membuat :

Nanas dan kayu manis dimasak sampai air agak kering, masukkan gula. Ketika mau diangkat, masukkan agar-agar bubuk.

Tips :

  1. Setelah selai nanas dingin, bentuk bulat-bulat sebesar kelereng, simpan dikulkas.
  2. Adonan kulit Nastar dibulatkan ditangan, dipencet-pencet sampai pipih bener. Tambahkan isi kalau ketebalan kurang terasa isi selainya. Jangan khawatir adonan jadi keras karena adonan ini banyak wismannya jadi Insya Allah tetap lembut.
  3. Supaya warna olesan kuning bagus komposisi : kuning telur + sedikit kecap + pewarna kue yellow egg.
  4. Waktu buat selai nanas, gula dimasukkan sedikit-sedikit dulu, kalo misal sudah dingin dicicip kurang manis bisa dipanasin dan ditambah gula lagi.

 

Resep Kue Kering GOOD TIMES

Ini salah satu resep kue kering andalan Mbak Eka. Bagi pencinta coklat, kue kering yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Renyah dan nyoklat banget!! Aku paling demen bikin kue ini karena gampang  dan ini satu-satunya kue kering yang paling disukai Mas Akhtar.

Bahan :

  • 225 gula halus
  • 2 kuning telur
  • 500 gr terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 200 gr blue band
  • 1/2 sdt soda kue
  • 200 gr wisman
  • 1,5 sdm coklat bubuk van houten
  • 200 gr coklat masak leleh
  • 200 gr coklat chip untuk hiasan

Cara membuat :

Kocok blueband dan wisman, masukkan gula halus kocok sampai putih dan kembang, masukkan kuning telur, setelah rata masukkan coklat cair kocok terus. matikan mixer masukkan tepung dan bahan yang lain.

Dibulatkan sebesar kelereng, dipipihkan dengan garpu atasnya ditancepin coklat chip.

Resep Kue Kering KUKIS HIAS 

Resep kue kering ini contek dari milis, kalo tidak salah dari blognya Bikinan Rumah. Agak lupa sih, soalnya sudah ada 3 tahunan aku pake resep ini.

Bahan :

  • 300 mentega (wisman + blueband )
  • 300-400 gr terigu sanggrai dulu
  • 2 kuning telur
  • 25 gr maizena (+/- 2 sdm)
  • Susu bubuk dancow 1 sachet ( +/- 2 sdm)
  • 150 gr gula halus
  • 1/2 sdt vanili cair

Cara membuat :

Mentega dan gula halus dimixer sebentar aja, masukkan kuning telur kocok, masukkan vanili pasta. Terakhir masukkan tepung-tepungan (maizena, susu bubuk, terigu) yang sudah diayak. Tepung bisa ditambah sampai bisa dicetak. Oven sampai coklat. Dinginkan, hias dengan royal icing, oven lagi sampai icing mengeras.

Royal Icing :

  • 60 cc putih telur ( dari 2 butir)
  • 225 gula halus, ayak dulu
  • 1 sdt cuka
  • 1 sdt air jeruk nipis

Cara membuat :

Mixer putih telur dan gula sampai kental, masukkan cuka, kocok lagi, masukkan jeruk nipis kocok lagi. Beri warna. Masukkan plastik segitiga.

Semoga bermanfaat ya..

11 Comments

  1. wisman itu apa ya?

  2. mentega putih kalo ga salah… hahaha

  3. mbak aku udah coba kue good timenya….enak banget, anak-anak suka. Terimakasih ya ….

  4. wah, bunda, kalo pake wisma b blue band udah pasti kue nya maknyus nih

  5. wisman itu klo boleh tau apa ya,,,????

  6. wisman itu apaan ya????

    • Wisman tuh merk roombutter. Ada merk wisman ada merk orchids dll. Semua itu butter belanda. Memang enak sekali untuk kue2. Harganya juga lumayan mahal. Smg bermanfaat.

  7. kalau gak pake wisman bagaimna ?
    Apa masih tetap enak bunda ?

  8. Resep Kue Good Time jadinya berapa toples ya Bunda?????

  9. tepung untk goodtimex apa gak usah d sangrai dulu ya Bunda?????

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share This
%d blogger menyukai ini: