Navigation Menu+

Kue SUS Dan Brownies Kukus Coklat

Posted on Mei 24, 2010 by in Keluarga, Resep | 0 comments

Kue SUS Dan Brownies Kukus Coklat

Dua jenis kue ini adalah andalanku kalau lagi ketempatan arisan atau pengajian, kata yang sudah pernah cobain sih enak… karena gratis kali ya.. hehehe.Tongue Out

Langsung aja meluncur ke resepnya yuk…

Kue SUS

Resep kue sus ini aku dapat dari Tabloid Saji edisi lama (awal-awal terbit sekitah tahun 2004 an gitu lah )

Kulit :

  • Bahan : 250 ml air
  • 100 gr margarin
  • 125 gr tepung terigu
  • 1/8 sdt garam
  • 4 btr telur

Cara membuat kue sus :

Rebus air, margarin, garam sambil diaduk aduk sampai mendidih, matikan api masukkan tepung terigu aduk-aduk sambil api dinyalakan kecil sekali.  Kalau sudah kalis angkat dan dinginkan. Masukkan telur satu persatu ke adonan  ( kalo telurnya berukuran besar kadang tiga butir aja sudah cukup )  sambil dimixer kecepatan rendah.

Spuit ke loyang yang sudah dialasi mentega, oven dengan api besar. Jangan dibuka-buka sampai adonan mengembang.

Bahan Vla :

  • 300 ml santan or susu UHT
  • 2 sdm tepung maizena / custard powder
  • 5 or 4 sdm gula pasir
  • 1/8 sdt garam
  • 1 kuning telur
  • 1 sachet susu kental manis

Cara membuat :

Rebus semua api kecil kecuali kuning telur sambil diaduk aduk, ambil 1 sendok sayur adonan beri kuning telur, aduk-aduk tuang lagi ke panci.  Jika sudah mengental angkat, beri 1 sdm mentega aduk-aduk terus sampai dingin.

Brownies Kukus Coklat

Resep ini dari copy  paste dari dapurnya Bunda Andra. Rasanya nyoklat dan empuk . Makasih banyak ya M’Widya sudah berkenan sharing resepnya. Barokallah ilmunya ya Mba.

Ini nih  resepnya siapa tahu ada yang mau bikin juga.

 

Bahan:

  • telur 5 butir ( 2 kuning saja)
  • gula pasir 200 gr
  • emulsifier 1/2 sdm
  • tepung terigu 150 gr
  • coklat bubuk 50 gr
  • susu bubuk 15 gr
  • margarin 100 gr
  • minyak sayur 100 ml
  • DCC ( coklat blok) 150 gr

Cara membuat :

  • kocok gula,telor,emulsifier sampai mengembang ( jangan sampai kembang banget yah…cukup mengembang saja n cukup kentel), kalo terlalu kentel menyebabkan browkus nantinya bergelombang dan atasnya pecah bengkak kadang
  • masukkan tepung,coklat bubuk,susu, aduk rata
  • tambahkan sedikit demi sedikit margarin cair, aduk rata
  • tuang ke loyang brownies ukuran panjang 30 cm, atau loyang loaf, yang sebelumnya loyang dioles margarin dan ditaburi tepung terigu
  • masukan ke dandang kukus deh selama kurleb 20 menit…untuk uji kematangan pake lidi ditusukin ke kue klo dah mateng lidi ga ada adonan nempel.tutup kukusan dialasi serbet ya biar air ga netes.. terus api buat ngukus jangan gede2 supaya browkusnya rata alias tidak bergelombang apinya sedeng saja
  • kalo sudah dingin kasih toping sesuka saja bisa kasih parutan keju, atau white chocolate sebagai pemanisnya dipadu dcc cair

Tips :

  1. Mencairkan dcc dengan cara di tim, caranya: cairkan margarin di atas panci yang berisi air, panaskan sampai margarin mencair, kalo sudah masukkan DCC , jaga jangan sampai air di panci mendidih jadi apinya kecil saja, terakhir masukkan minyak sayur aduk rata, matikan api
  2. Waktu mengukus api nya jangan gede2 biar permukaan brokus rata tidak bergelombang kayak gelombang tsunami hi hi hi
  3. Waktu mengocok telor juga jangan terlalu kental atau terlalu banyak emulsifier yang menyebabkan permukaan brokus juga tidak rata halus

Untuk : 2 loyang brownies ukuran panjang 30 cm atau 2 loyang loaf

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share This
%d blogger menyukai ini: