Navigation Menu+

Roseola Infantum

Posted on Mei 28, 2010 by in Keluarga, Kesehatan | 16 comments

Penyakit umum pada bayi atau anak-anak tetapi kurang begitu dikenal sehingga sering terjadi salah penanganan. Seperti waktu Kimi kena penyakit ini, dokter bahkan mendiagnosis tipus!! Berikut ini sedikit informasi tentang Roseola Infantum yang kuambil dari blog-nya bunda Aira. Banyak milis kesehatan yang membahas tentang Roseola Infantum, tapi yang paling gampang dimengerti karena pake bahasa ibu-ibu adalah milik bundanya Aira ini. Garis besarnya seperti ini nih :

Roseola Infantum adalah suatu penyakit virus menular pada bayi atau anak-anak yang menyebabkan ruam dan demam tinggi. Roseola biasanya menyerang anak yang berumur 6 bulan – 3 tahun.

Gejala-gejala penyakit Roseola Infantum bisa dijelaskan secara singkat seperti berikut:

  • Suhu tubuh panas tinggi secara mendadak, ini persis yang dialami Kimi  pagi hari baik-baik saja namun begitu malam hari suhu tubuh langsung meningkat.
  • Demam berlangsung 3 hingga 5 hari. Dalam kasus Kimi, demamnya 3 hari.
  • Pada beberapa anak umum ditemui bahwa demam didahului atau disertai dengan sakit tenggorokan, batuk, pilek atau hidung berair terus menerus. Kalo ini Kimi tidak mengalami.
  • Dapat terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala, leher samping atau tepat di belakang telinga. Ini juga tidak.
  • Umumnya pada hari keempat demam akan mulai turun dan disertai dengan munculnya ruam merah terutama di area dada, perut kadang menyebar ke area wajah, leher dan tungkai. Nah, persis bener.

Kata pakar disebutkan kalo Roseola sebenarnya adalah penyakit yang umum ditemui. Extremely common pada anak atau bayi berusia dalam rentang 6-36 bulan. Nah karena dibilang sebagai penyakit paling umum yang diderita bayi dan anak-anak, semestinya kita sebagai orangtua harus tetap tenang dan cerdas ketika bayi kita terkena penyakit ini. Umumnya, orangtua begitu ketakutan ketika anak mereka mengalami gejala penyakit Roseola ini. Mengapa? Karena suhu tubuh yang tiba-tiba tinggi secara mendadak memicu kepanikan.

Supaya tidak panik, kita sebagai orang tua sewajarnya memiliki pengetahuan yang cukup mengenai “demam”, paling tidak  penanganan awal yang harus kita berikan. Semua penyakit akan sulit dideteksi pada hari-hari pertama demam. Jadi kita tidak perlu buru-buru membawa anak kita ke dokter, kecuali untuk kasus-kasus tertentu. Misalnya anak dengan riwayat kejang demam, bayi dibawah 3 bulan atau anak hilang kesadaran. Kita beri dulu pertolongan pertama yaitu dikompres dengan menggunakan handuk atau lap yang telah dibasahi dengan air hangat atau suam-suam kuku. Jangan menggunakan es batu, air dingin, alkohol maupun kipas angin. Jika demamnya belum mencapi 38 derajat Celcius,  jangan diberi obat penurun panas dulu. Kompres aja dan banyak beri cairan seperti susu, sup, jus buah.

Jika sampai tiga hari tidak ada perubahan baru deh bawa ke dokter. Biasanya dokter lebih mudah mendiagnosis penyakit anak kita. Tes darah pun baru ada manfaatnya di hari ke-3 ini. Kalo memang daya tahan tubuh anak kita bagus dan ternyata cuma penyakit ringan, biasanya di hari ke-3 ini sudah membaik. Jadi kita bisa memperkecil kemungkinan anak kita kemasukan obat-obatan yang tidak perlu, terutama antibiotik. Soalnya berdasarkan pengalaman pribadi , kemana-mana kalo sakit misal batuk pilek,  diresep selalu tertulis antibiotik.  Antibiotik ini sebenarnya nggak ada hubungannya untuk menyembuhkan penyakit anak kita.

Balik ke Roseola Infantum tadi. Penyebab penyakit ini adalah virus Herpes tipe 6 dan 7 (HHV6 dan HHV7). Seperti penularan virus pada umumnya. roseola infantum juga ditularkan melalui percikan air liur atau respiratory secretions person to person. Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala) adalah sekitar 5-15 hari. Biasanya penyakit ini berlangsung selama 1 minggu. Oh, iya karena gejala-gejala penyakit ini hampir sama dengan Campak, penyakit ini juga dikenal dengan sebutan Campak Palsu.

roseola infantum
agak sembuh
mulai baikan

Gimana penanganan Roseola Infantum ini?

Penyakit ini bersifat sembuh sendiri, atau bahkan sebenernya jarang banget pasien diresepkan. Obat antiviral semata hanya untuk mencegah semakin menguatnya virus di dalam tubuh. Dan karena sifatnya yang bergantung pada sistem imun, roseola infantum tidak membutuhkan threatment khusus. Hanya harus diusahakan saja si anak tetap mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup untuk mendongkrak imunitas tubuh mereka.

Jadi intinya : Roseola infantum adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan there’s nothing to do with virus, termasuk virus si Roseola ini. Hanya  cukup istirahat dan perbaiki asupan gizi aza.

16 Comments

  1. baru “ngeh” tentang nih virus.
    tengkyu infonya ya…

  2. TFS, ya ….
    Mungkin Binbin sering kena virus ini. Hmm … agak ringan rasa hati ini.

  3. kasian bayinya. dia begitu sangat rentan. semoga semua bayi di dunia selalu dikaruniai kesehatan deh,:)

  4. Makasih infonya ya bun bermanfaat sekali buat saya,kadang azam juga spt itu tiba2 demam terus reda sendiri kan jd bikin panik…salam kenal,boleh tukeran link nya bun?

  5. Makasih info nya ya bund…minggu lalu Inggil jg kena ini. Tdnya ga ngerti sakit apa, DSA nya cm bilang ada virus (krn dr hasil cek darah, leukositnya sedikit di bawah normal) dan udh mulai keluar ruam di dada & punggung. Trs diresepin Isprinol deh..besoknya aku browsing2 cari tau. Dr beberapa sumber yg aku baca, aku langsung yakin kalo Inggil kena ROSEOLA. *fiuuhh..
    Alhamdulillah skrg udh sembuh ^_^ Btw, salam kenal ya bun…

  6. sangat membantu infonya

  7. Info yg sangat membantu, sy numpang share di fb ya, terima kasih

  8. trima kasih bunda.. kmrin ak tengkar ama dokter dgn kasus yg sama seperti kimi.. saya menolak untuk opname dan obat saya hentikan, trnyata besoknya panas turun dan muncul ruam.. skarang dedek sudak aktif seperti semula.. nice info… thanks.. 👍😁

    • Alhamdulillah ikut senang kl infonya bermanfaat. Salam sayang buat dedek. sehat trus ya nak

  9. Makasih bund infonya… lagi cari tau ttg isprinol eh ketemu artikel ini.. kebetulan gejala sakit anak saya sama persis, dokter bilangnya hanya kena virus tapi saya penasaran namanya apa trnyata namanya roseola infantum

  10. Alhamdulillah bunda info nya sangat bermanfaat, ini jd ilmu dan pelajaran buat saya…
    Sekali lagi makasih banyak ia bun

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share This
%d blogger menyukai ini: