Navigation Menu+

Resep Roti Maryam or Roti Cane

Posted on Nov 4, 2012 by in Resep | 37 comments

Yippie… lompat – lompat sambil koprol bilang woww.. hahaha.. Lebay banget deh… whatever deh, yang penting aku lagi seneng.  Praktek roti maryam atau roti cane ku sukses berat.. 😛 Hasilnya bisa renyah garing diluar, lembut didalam terus berlapis–lapis kayak pastry gitu. Resepnya nyontek disini.  Makasih ya  Mba Vie  (sok kenal aja hehehe) smoga bisa jadi amal jariah. Amiin.

Tapi tadi malam sempet susah tidur karena tangan pegel banget, maklum nguleninya pake manual alias tangan kosong, setengah jam lebih booo… Berjuang mencampur adonan sampai akhirnya jadi kalis…  Meski sebenernya pinjam tangan suami juga sih untuk bantuin nguleni, tapi tetep aja cuapek.. (dasar pemalas.. 😆 )

Resep Roti Maryam
  • 1 kg tepung terigu
  • 2 butir telur utuh
  • 2 kuning telur
  • 4 sdm susu bubuk
  • 1 sdt garam (aku pakai 1,5 sdm)
  • 175 cc minyak goreng
  • 450 cc air hangat
Cara Membuat : Versiku

Siapkan wadah, masukkan air, minyak goreng dan telur aduk dengan garpu. Masukkan bahan kering uleni sampai kalis.  Diamkan adonan minimal 1 jam (aku kemarin 4 jam) sambil ditutup plastik wrapping . Adonan dibagi 22 masing – masing dioles minyak or mentega cair. Diamkan lagi lebih kurang 15 menit .

Tipiskan di meja yang diolesi minyak (aku pakai piring melamin lebar ), aku menipiskan pakai tangan aja, sampai tipis sekali kayak martabak yang dijual abang abang itu lo, jadi kalo diangkat agak transparan bolong bolong dikit nggak apa-apa 🙄 .

Olesi dengan 1 sdm margarin leleh, gulung seperti mewiru kain or bikin kipas dari kertas, buletkan dua sisi seperti obat nyamuk sambil ditarik, tumpuk dua sisi buletan tadi. Bikin smua sampai selesai dulu, baru digoreng satu satu. Diatas teflon yang dioles margarin sambil adonan digepengkan 1/2 cm.

Mas Akhtar lebih suka menyantap roti maryam versi manis, dioles madu or susu cair trus ditabur keju parut. Katanya roti maryam nya mantapp Bun… hahaha

Tambahan

Ini ada resep Roti Maryam versi temenku rasanya  gurih dan empuk banget, meski sudah dingin tetep empuk mungkin karena nggak pakai putih telur kali ya.. 🙄

  • 1 kg terigu
  • 4 kuning telur
  • 300 cc susu cair (UHT bungkus biru or Bearbrand)
  • 100 gr mentega hangat
  • 1,5 sdm garam (kalo mau dikonsumsi sama Gulai or kare, bisa diganti royco)
  • 150 ml air (lebih kurang dikira kira sampai kayak adonan martabak)

Cara membuat sama kayak yang diatas  yee… Semoga bermanfaat

37 Comments

  1. Mantap..

  2. uwaaaaaaaaaaaaaaaaa……bunda riang keren banget blognyaaaaa **mupenggggg 😀

    jd pengen buat,nanti ah liburan buat 😀
    **salam kenal
    zwan

  3. ayo bikin … ntar kabar-kabari hasilnya ya..

    • Assalamualaikum Bun… mau nanya nih. Kapan hari bikin roti maryam tp kok keras ya… gak empuk gtu. Kira2 apa yg salah ya… perasaan udh ikutin resepnya. Waktu itu dpt resep dr blog lain. Belum nemu punya bunda. 🙂

      • Waalaikum salam..
        Kemungkinan komposisi resepnya yang kurang pas yah.. kalau ada waktu dicoba lagi ya.. terutama resep saya yang kedua (pake susu), insya Allah hasilnya empuk

        Terima kasih sudah berkunjung

        • Jd pengen coba

    • Resepqu mungkin lebih sehat krn ga pake minyak goreng hheee… Ak pakenya margarin dan untuk olesan minyak samin. Kalo mau lembut pake telur kuningnya saja, ak pakenya 8 butir.

      Resep
      1 kg Terigu protein tinggi
      250 gr margarin
      1 sdt garam ( opsonal )
      200ml susu murni atau susu uht
      200ml air matang
      8 butir kuning telur ( lebih enak pake telur bebek).

      Monggo dicoba, anti gagal…

      • terima kasih sdh sharing resep. InsyaAllah nanti dicoba

  4. bunda riyang makasih banyak ya info nya, sangat berguna bangeeeeetttt..

  5. aku juga pngen bgty nyoba.in kira kira susah apa g ya buuund?

    • dicoba aja dulu bun..
      semoga berhasilll.. gutlak

  6. tq bunda. resepnya mau ta’coba nih. Soalnya anak-anak dan suami pd suka makan roti maryamnya,

  7. Salam kenal bund, tks ya bund blognya,sy mau tanya klo mau disimpan dikulkas untuk beberapa hari kedepan caranya giman ya bund apa sdh matang ato masoh mentah gitu
    Makasih ya bund

    • Salam kenal juga Bun.. terima kasih telah berkunjung..

      Sebaiknya dimasak setengah matang terus dimasukkan kedalam tupperware. Sebelum dikonsumsi, biarkan dalam suhu ruangan, baru dipanaskan sampai matang. Dengan cara ini, biasanya maksimal tahan seminggu.

      Mohon maaf baru dibalas karena kesibukan acara seminar ini http://www.qonita.info/seminar/

  8. Salam kenal Bunda….saya udah berhasil membuat roti Maryam….enaaak Bund…tapi saya pakai resep temannya Bunda….pertimbangannya pakai susu cair UHT…anak saya suka banget susu cair UHT…. Dan ternyata gampang kalis ^_^. ……. Makasiiiihh ya Bunda……^_^

  9. Ayoo bikin hujan hujan enaknya makan camilan yg hangat dan manis gurih….

  10. Bunda, itu stlh dibuat menyerupai obat nyamuk kan ditumpuk lalu digempengkan ya bun? Terima kasih

  11. Salam kenal mbak..makasih infonya. Mbak mau ty..enak mana bhn campurannya mentega cair atau minyak goreng?
    Kl dicampur mentega sm minyak gpp ya .tq

    • salam kenal kembali..tergantung selera mba. Kl mentega cair lebih gurih. Misal dicampur mentega cair dan minyak bisa juga

  12. salam kenal bunda… mau nanya, untuk resep yang kedua, mentega hangatnya untuk olesan atau dicampur diadonan ya? terimakasih 🙂

  13. coba ganti margarinnya dengan minyak samin pasti hmm….beda bgt lho bun klo dibandingin margarin atau mentega ky wismanj.. menurut saya lho…

      • Salam kenal bunda. Mau nanya utk resep kedua airnya pake air dingin ato air hangat?

        • Saya biasanya pake air hangat spy cepat kalis dan berat uleni adonannya. Tapi pakai air biasa juga nggak apa2

    • Di ganti minyak samin utk adonan atau olesan. Trus rendamanx pake minyak samin juga kah mba e ??

      • kalo mau pake minyak samin boleh, tapi saya lebih suka pakai mentega saja hihihi

  14. Comment
    dh snagx berkat ilmu dari bunda
    akhirnya ku bisa membuatnya
    sendiri,bunda kasih resep kue khas india dong

  15. Uty

  16. bun mau coba bikin boleh ya?

  17. Saya dah bikin bun pake resep pertama…ini dah bikin yg kedua kalinya…tp yg sy heran kok ga mau berlapis2 ya 🙁

    • Supaya berlapis, tipiskan adonan trus gulung seperti mewiru kain or bikin kipas dari kertas, buletkan dua sisi seperti obat nyamuk sambil ditarik, tumpuk dua sisi buletan tadi. digepengkan. goreng pake teflon di oles mentega. matang angkat. trus tekan dikit ujungnya (ditekuk ke atas ) spy lapisannnya nampak.

  18. Assalamu’alaikum,,,,
    Mau tanya nih,,,,
    Ma’af sebelumnya, saya buat roti canai koq keras y? kayak buskuit,,,, hehe,,, maklum kuli bangunan.
    tp alat untuk cc n gramnya gak punya,,, jd main kira² aj.

    • waalaikumsalam wr.wb….hehehe komposisinya kurang pas berarti. InsyaAllah kl pakai resep kedua nggak bakan keras kok, kan pakai kuning telur banyak. Malah kl tenaganya kuat adonan makin cepat kalis saat diuleni.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Very Inspiring Blogger Award | lovelyristin - [...] 11. Bundariyang [...]

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share This
%d blogger menyukai ini: