Navigation Menu+

Bukit Bangkirai

Posted on Des 27, 2014 by in Aktivitas, Keluarga | 0 comments

Meski sudah tinggal di Balikpapan hampir 5 tahun , kami belum pernah menginjakkan kaki ke Bukit Bangkirai. Padahal tempat ini merupakan salah satu trademark Kalimantan yang termasyur sampai seantero Indonesia. Bisa dibilang rugi pakai banget kalau sudah menginjak bumi borneo tapi belum kesini. Jadi begitu keluarga besar dari Jawa berkunjung dalam rangka Libur akhir tahun, Bukit Bangkirai masuk tujuan utama yang kami kunjungi.
Bukit Bangkirai ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tepatnya di KM 38 jalan Soekarno Hatta arah balikpapan. Bukit Bangkirai dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 1,5 jam dari Kota Balikpapan. Berjarak sekitar 150 km dari kota Tenggarong atau Samarinda dan hanya sekitar 58 km dari arah kota Balikpapan serta 20 km dari ibukota Kecamatan Samboja.
Di kawasan wisata ini kita bisa mencoba tantangan dengan meniti jembatan tajuk gantung (canopy bridge). Canopy bridge di Bukit Bangkirai ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di dunia.Terbentang sepanjang 64 meter diatas ketinggian 30 meter dari permukaan tanah yang menghubungkan 5 pohon bangkirai dengan masing-masing pohon berjarak sekitar 10-15 meter.
Sebelum meniti jembatan tajuk (terbuat papan yang disusun dengan tambang) , kita harus menaiki anak tangga menuju menara yang terbuat dari kayu ulin. Kemudian petugas mengatur pengungjung satu per satu untuk berjalan meniti jembatan. Yap for safety reason, Jembatan tajuk ini tidak boleh dilewati oleh banyak pengunjung sekaligus. Sensasi dimulai saat kita pertama menjejakkan kaki di jembatan tajuk, jembatan akan bergoyang!!! Benar bergoyang gitu..bikin perut mules.. Semakin melangkah ke tengah maka jembatan akan semakin bergoyang.. Rasanya geli-geli tapi asyik..hahaha..
Oh iya untuk menuju jembatan tersebut kita harus berjalan memasuki kawasan hutan di bangkirai dulu. Melewati jalur tracking yang lumayan bikin berkeringat (maklum jarang olah raga..*malu). Meski sebenarnya asyik juga sih berjalan sambil menikmati pemandangan dan mendengarkan kicauan burung serta suara hewan penghuni hutan ini. Bukit Bangkirai katanya mempunyai 45 jenis anggrek, salah satunya anggrek hitam yang menjadi maskot Kalimantan Timur. Sayangnya di jalur trancking menuju jembatan gantung kami tidak menjumpai satu anggrekpun! Entah infonya yang salah atau matanya yang kurang jeli melihat..hihihi. Sesuai namanya Bukit Bangkirai, pohon-pohon Bangkirai merupakan tumbuhan yang mendominasi kawasan hutan ini dengan umur rata-rata lebih dari 100 tahun, bahkan katanya ada yang mencapai 150 tahun. Tinggi – tinggi menjulang dan diameter lebih dari satu meter.

Sekarang kita lihat foto-fotonya yuk

01 bangkirai gate

02 pos registrasi

03 pose pos registrasi

04 tanda canopy bridge

05 masuk hutan

06 mengaso

07 lanjut jalan

08 gak kuat jalan

09 baguus banget

10 tangga naik

11 view pos 1

12 pos 3

13 agak gemetaran

14 wajah pede

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share This
%d blogger menyukai ini: