Navigation Menu+

Keliling London dengan London Underground

Posted on Mei 15, 2015 by in Aktivitas, Inggris, London | 4 comments

Kalau ingin berkeliling kota London dengan cepat dan murah, solusi transportasi terbaik adalah dengan sistem kereta yang dikenal dengan London Underground atau London Tube. Hal ini membuat kami  penasaran untuk mencoba. Karena selama di London kami hanya menggunakan bus yang memang sudah disewa oleh agen travel (kurang tantangan critanya..hahaha). Nah Ketika ada kesempatan free sehari (yang lain nonton bola antara Arsenal vs Chelsea).  Langsung deh kami bersama seorang teman (Pak Sanjaya halooo pak..) meluncur dari hotel untuk memulai petualangan dengan si Tube ini. Kami memilih menggunakan tube dibanding bus dengan beberapa alasan.

Selain tentu saja supaya bisa merasakan seperti penduduk asli London (siapa tahu ketularan JK Rowlings yang konon terinspirasi menulis Harry Potter saat naik kereta antara Manchester-London.. hahaha). Setidaknya ada dua alasan lain yang utama. Pertama karena cuaca kota London yang selalu galau (mendung dan hujan datang tidak tentu). Jadi kalau menggunakan tube dijamin aman dari kehujanan. Kedua, karena hari itu yaitu  tanggal 26 April 2015  sedang ada acara  London Marathon 2015 yang diikuti ribuan peserta dengan menutup jalur-jalur jalan utama kota London. Menurut berita di TV penutupan jalan akan berlangsung seharian dan London Marathon ini ternyata juga mengambil tempat di  wisata utama disana, seperti Tower Bridge dan finishnya di istana Buckingham. Namanya juga lagi ada acara besar pastilah akan macet dimana-mana. So, lebih amannya kita pakai kereta bawah tanah saja.

08-marathon-2015-london-bridge-2 07-marathon-2015-london-bridge-1

Setelah membuka peta wisata utama kota, akhirnya diputuskan kalau jalur yang diambil adalah; sebelum jam 12 siang mengunjungi tempat publik terbuka dan setelah jam 12 siang baru ke tempat belanja. Alasannya? Hari Minggu tempat-tempat belanja di London baru buka jam 11.30 dan tutup lebih cepat pada jam 18.00.

Karena sebelumnya kita sudah mengunjungi patung lilin Madame Tussauds dan museum Sherlock Holmes di Baker Street, fotostop Big Ben dan Parliament House serta Westminster Abbey, maka sasaran hari Minggu ini adalah keliling kota London untuk menuju King’s Cross station untuk melihat Platform 9 ¾, London Bridge, Tower Bridge, London Tower, istana Buckingham sebelum jam 11.30. Sesudahnya baru acara belanja ke Hard Rock cafe, Harrod’s, Primark di Oxford Street dan Portobello Market. Setelah puas, baru bergabung makan malam di resto Thai food di seberang Trafalgar Square.

Jadi inilah jalur kami hari itu :

route

Keterangan :

Kami keluar dari hotel jam 08.15 pagi, dan inilah rute kami seharian sampai jam 22.30 malam.

1. Start dari Hotel Hilton Metropole di Edgware Road ke stasiun King’s Cross dengan bus jurusan 205. Disinilah pertama kali kartu Oyster beraksi.

01-menunggu-bus-no-205Haltenya kecil-kecil tapi canggih. Pake layar live countdown berapa detik lagi bus akan tiba. Ternyata ini perpaduan teknologi GPS, transponder dan gyrometer yang terhubung ke control center kemudian diteruskan ke tiap halte. Selain di haltenya, di dalam busnya juga ada layar kayak gitu. Bisa juga kita cek secara live di internet. Keren.

2. Foto-foto di Platform 9 ¾ Harry Potter di stasiun King’s Cross dilanjutkan belanja foto di Hogwart’s Shop di samping dinding platform. Dibanding Harry Potter Studio di Leavesden, peralatan sihir di sini lebih lengkap dengan tambahan burung hantu dan tongkat sihirnya 🙂

02-platform-9-34-kings-cross-1 03-platform-9-34-kings-cross-2 04-platform-9-34-kings-cross-3

3. Dari King’s Cross ke stasiun London Bridge dilanjutkan menikmati Southbank Walking Tour sungai Thames (melewati Hay’s Galleria, Borough Market, HMS Belfast dan London City Hall) menuju Tower Bridge dan London Tower dan menyaksikan serunya London Marathon 2015 dari atas jembatan tersebut.

01-london-bridge 02-borough-market 03-hms-belfast 04-hays-galleria 05-southbank-walking 06-tower-brigde-london-1

Foto dari atas Tower Bridge berlatar London Tower.

09-marathon-2015-london-bridge-3 10-tower-of-london-1 11-tower-of-london-2

4. Naik Tube dari stasiun Tower Hill di seberang London Tower menuju stasiun Green Park dilanjutkan jalan kaki ke Buckingham Palace.

06-green-park-1 07-green-park-2 08-green-park-3 09-green-park-4

5. Fotostop di Buckingham Palace lalu jalan kaki ke Hard Rock cafe yang hari Minggu baru buka jam 12.00 siang.

01-buckingham-palace-1 02-buckingham-palace-2 03-buckingham-palace-3 04-buckingham-palace-4 05-london-marathon-2015-finish

Jalan kaki ke HRC hanya 10 menitan lewat Green Park yg ciamik dengan warna-warni bunga musim semi dan burung-burung merpati.

01-hard-rock-shop-london 02-hard-rock-cafe-london

6. Dari HRC kami belok kanan menuju stasiun Hyde Park Corner untuk melanjutkan perjalanan ke Harrod’s.

03-masuk-station-hyde-park-corner-menuju-harrods

7. Menikmati kacang pistacchio paling enak di Harrod’s.. hehehe, sekaligus melihat monumen peringatan Lady Di dan Dody Alfayed.

01-harrod's-1 02-harrod's-2 03-london-pink-taxi

8. Dari Knightsbridge station kami menuju Oxford Street buat belanja oleh-oleh baju di Primark. Ganti jalur dulu di Holborn station sebelum menuju Marble Arch station.

01-ganti-piccadilly-line-ke-central-line 02-keluar-dari-underground-station

9. Lanjut lagi naik Tube ke Notting Hill station dilanjutkan dengan makan siang di McD dekat situ. Jam sudah menunjukkan jam 16.00. Late lunch. Terus jalan kaki ke Portobello market. Belanja aneka souvenir London yang unik dan banyak pilihan dengan harga miring.

 01-portobello-road 02-portobello-market-1 03-portobello-market-2

10. Jalan lagi sambil menikmati rumah-rumah dengan arsitektur indah di sepanjang jalan Ladbroke Garden sambil liat Google Map nyari stasiun terdekat. Hampir jam 7 baru nyampe di Ladbroke Grove station. Harus segera menuju Trafalgar Square untuk makan malam.

04-ladbroke-garden-1 05-ladbroke-garden-2 06-ladbroke-grove

11. Menuju stasiun Charing Cross dan fotostop di Trafalgar Square. Foto dengan patung singa dibawah Nelson Column tidak boleh dilewatkan disini. Lanjut jalan ke resto Thai di seberang jalan.

01-trafalgar-square-1 02-trafalgar-square-2

Foto lagi di depan The National Gallery London, museum yang dibangun tahun 1824 dengan lebih dari 2300 koleksi dari pelukis-pelukis terbaik dunia.

 03-the-national-gallery-1 04-the-national-gallery-2

12. Selesai makan malam yang amat sangat enak (kelaparan kelas berat), Pak Sanjaya memilh bersama teman-teman yang lain kembali ke hotel. Kali ini bersama teman yang lain (Pak Arifin) melanjutkan petualangan  ke Piccadilly Circus, tempat nongkrong anak-anak muda di London dengan atraksi-atraksi meriah khas anak muda. Dan ternyata selain kami banyak juga turis-turis asing (Perancis, Brazil dll) yang khusus datang ke alun-alun ini untuk menikmati keramaian yang ada sekaligus mengabadikan dalam kamera. Oh iya kami sempat juga berfoto di depan museum Ripley’s Believe It or Not yang lokasinya persis di pojok Piccadilly Circus

01-piccadilly-circus 02-piccadilly-circus-2 03-the-eros 04-ripley's-believe-or-not

13. Perjalanan hari ini diakhiri dengan naik bus jalur no. 6 dari Piccadilly Circus turun di halte Edgware Road dekat hotel Hilton Metropole tempat kami menginap selama di London. Selesailah tugas Oyster card kami hari itu.

05-bus-to-edgware-road

Ternyata explore London dengan public transport yang nyaman seperti diatas hanya butuh biaya £6.4 dari pagi sampai malam. Lebih murah dibandingkan harga sekali makan di McD seharga 7 pounds. Bagaimana caranya? (bersambung kesini)

4 Comments

  1. Aaakkk…seru banget nih Riyang tahun lalu udah ke negerinya Harry Potter. Moga2 aku juga bisa segera nyusul ke sana. Aamiin.
    Seru yaa wisatanya. Maraton banget seharian di London.
    Thanks for sharing.

    • Aamiin..iyaa maraton seharian ngubek2 London lumayan pegal tp seruuu hihihi

  2. Bunda riang jalan jalan gak ngajak rek…..

  3. Bunda riang jalan2 gak ngajak2 rek

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share This
%d blogger menyukai ini: