Navigation Menu+

Wisata Manchester – Etihad, Old Trafford dan MOSI

Posted on Mei 4, 2015 by in Aktivitas, Inggris, Manchester | 0 comments

Pernah nggak kami feeling rendevouz tentang suatu tempat. Truly it’s happen to me at UK.

Aneh ya.. sejak menginjakkan kaki di tanah kelahiran Lady Di, mencium bau udara dan melihat bangunan-bangunannya yang khas. Rasanya seperti sudah familiar.. Mungkin karena terlalu menghayati saat membaca novel-novel karya pengarang Inggris, sampai-sampai terasa seperti ikut mengalami juga suasana yang dialami oleh para tokoh dalam novel tersebut.

Lima belas setengah jam dalam pesawat dari Singapura sampai mendarat di Manchester (sempat transit 1 jam di Jerman) tidak membuat semangat luntur. Bahkan udara dingin (sangat dingin) yang menyapa begitu mendaratkan kaki, terasa seperti booster yang menghilangkan semua pegal dan linu selama duduk di pesawat dan membuat jantung berpacu lebih kencang tidak sabar untuk memulai petualangan.

Kami beruntung karena cuaca cerah sepanjang kami berada di Manchester. Musim semi yang cerah pas lagi di Inggris itu sesuatu banget..

Di bandara lumayan lama karena para peserta trip yang lain sibuk membeli simcard baru untuk kebutuhan menelepon selama Inggris. Kami tidak ikut kesibukan ini, karena Rama sudah mempersiapkan paket menelepon murah sebelum berangkat ke Inggris.

01-welcome-to-manchester 02-bandara-manchester

Etihad Stadium

Manchester adalah kota kedua terbesar di Inggris setelah London. Nama kota Manchester juga selalu disandingkan dengan salah satu klub sepak bola terbesar di dunia yaitu “Manchester United” dan juga klub sepakbola “Manchester City”.

So, karena berkunjung ke kota sepakbola, tempat yang pertama kali kami kunjungi begitu menginjakkan kaki di Manchester tentu saja tidak jauh-jauh dari sepak bola. Kunjungan pertama kami adalah Etihad Stadium di bagian timur kota. Stadion milik Manchester City ini dibangun tahun 2002 dan berubah nama tahun 2011 setelah kesepakatan 10 tahun sponsorship dengan Etihad Airways. Dibawah kepemilikan Sheikh Mansour bin Zayed sejak 2008, markas klub Manchester City atau biasa dikenal dengan julukan The Citizens ini menjadi salah satu stadion yang paling megah di Inggris dan menjadi peringkat keenam sebagai stadion dengan kapasitas terbanyak.

01-outer 02-parkir 03-loket 04-main-gate 05-sign

Rail Transport – Museum of Science and Industry

Setelah makan siang, trip berlanjut ke Museum of Science and Industry di Manchester. Museum ini adalah bekas Liverpool Road Station yang merupakan nama asli dari Liverpool & Manchester Railway. Ini adalah jalan kereta api pertama di dunia yang membawa penumpang dan barang pada tahun 1830. Masa awal adanya transportasi penumpang dengan mesin uap. Museum Manchester Liverpool Road nama stasiun paling tua di dunia. Sampai hari ini, masih ada tour dengan kereta mesin uap legendaris ini.

Kini, Stasiun Manchester-Liverpool Rail telah menjadi bagian dari Museum Sains dan Industri di Manchester. Ada 6 bagian dari museum ini, yaitu industry, science & technology, energy, transport, people dan communications. Berikut foto-fotonya :

01-road-railway-station 02-road-railway-museum 03-workshops-inventor 04-underground-manchester

Old Trafford

Setelah mengintip kandang The Citizens yaitu Etihad Stadium, tentu saja tidak lengkap kalau tidak bertandang juga ke kandang rivalnya satu kota yaitu stadion Old Trafford. Old Trafford ini adalah stadion markas dari Manchester United (MU) yang dibangun tahun 1909. Dengan kapasitas seat mencapai 75.731. Wow.. bayangkan sendiri deh orang segitu banyaknya berada dalam satu tempat. Jauh lebih banyak dibanding kapasitas Etihad Stadium. Oleh karena itu, stadion markas The Red Devils ini dinobatkan sebagai stadion terbesar kedua di Inggris, setelah Wembley Stadium.

01-manchester-united 03-sebagian-piala 04-menunggu-guide 06-lorong-ruang-ganti 07-old-trafford-indoor 08-betting-board 09-home-dressing-room 10-ruang-ganti-old-trafford 11-lapangan-hijau 12-old-trafford-megastore 13-old-trafford-three-statues

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share This
%d blogger menyukai ini: