Navigation Menu+

Wisata Stonehenge di Inggris

Posted on Mei 11, 2015 by in Aktivitas, Inggris, London | 0 comments

Melihat situs sejarah di Stonehenge

Stonehenge sebenarnya adalah sekelompok batu menhir besar (seperti yang di ceritakan dalam  komik Asteric & Obelix), yang ditumpuk sedemikian rupa, yang mana pada jamannya adalah merupakan konstruksi engineering yang menakjubkan. Pada awal abad ke-20, kebanyakan dari batu-batu itu tidak lagi tegak berdiri. Hal ini kemungkinan disebabkan karena banyaknya wisatawan yang menaiki Stonehenge pada sekitar abad ke-19 karena keingin tahuan mereka yang besar. Semenjak itu, telah dilakukan tiga tahap renovasi untuk menegakkan kembali batu yang miring atau terbalik, dan untuk mengembalikan batu-batu tersebut ke tempat semula dengan teliti. Secara tidak langsung, ini berarti bentuk Stonehenge tidak lagi asli seperti asalnya seperti yang disebutkan dalam promosi pariwisata. Sebagaimana peninggalan sejarah yang lain, tahap-tahap juga renovasi telah dilakukan pada situs ini.

stonehenge-shop

shuttle-bus-stonehenge

Satu lagi. ternyata susunan batuan ini tidak sebesar yang kukira. Entah mengapa, kayaknya lebih takjub melihat candi Borobudur deh. Stonehenge hanya terlihat seperti tumpukan batu yang kebetulan mempunyai latar belakang pemandangan alam yang indah. Sangat indah bahkan.

  stonehenge-1 stonehenge-2 stonehenge-3 stonehenge-4  stonehenge-6

Hamparan ladang rapeseed seperti karpet kuning. Berdekatan dengan hamparan rumput hijau  tempat domba-domba dilepas.  Posisi  lahan  disekitar Stonge yang berbukit-bukit menjadikan kita bisa memandang sekitar dengan lebih leluasa. Benar-benar pemandangan yang indah dan menyegarkan mata.  Hari ini kami kembali beruntung. Cuaca sangat cerah dan suhu berkisar 8-14 derajat celcius (lumayan dingin juga sih untuk ukuran orang Asia). Di Inggris yang terkenal memiliki cuaca moody alias tidak tentu (seringnya sih hujan), sungguh sesuatu yang patut disyukuri saat kita berada alam terbuka seperti di Stonehenge ini, cuaca sedang cerah.

stonehenge-5 field-of-rapeseed

Note :

Ladang-ladang rapeseed ini baru marak setelah tahun 2012. Tumbuhan berbunga kuning ini adalah bahan pembuat canola oil. Canola oil sangat baik untuk kesehatan, dengan asam lemak tak jenuh tunggal mirip minyak jagung dan minyak biji bunga matahari. Baik untuk kesehatan jantung, kulit, membran sel, energi dan fungsi otak. Keindahan bunganya ternyata juga seindah manfaatnya. Setelah harga minyak ini naik tinggi tiga tahun lalu, jumlah ladang rapeseed tumbuh berlipat-lipat terutama di negara-negara Eropa. Bahkan ada trip khusus untuk berkunjung ke ladang rapeseed ini bagi turis Jepang.

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share This
%d blogger menyukai ini: